5 Fakta Sejarah di Balik Terkenalnya Gula Manis

 

Di dalam kehidupan sehari-hari, makanan dan minuman manis sudah menjadi hal yang sangat populer. Soalnya, ada berbagai jenis makanan dan minuman manis yang bisa kita nikmati, mulai dari puding, kue ulang tahun, susu, es krim, es serut, dan lain sebagainya.

Agar makanan dan minuman kita terasa manis, sudah tentu kita harus menambahkan gula. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata, gula juga memiliki sejarahnya tersendiri loh! Yuk, simak seperti apa 5 fakta sejarah mengenai gula manis berikut ini!

1. Sudah ada sejak 8.000 tahun yang lalu

Terdapat catatan sejarah yang menyebutkan bahwa sebenarnya, asal muasal penggunaan tanaman tebu sebagai pemanis sudah ada sejak 8.000 tahun yang lalu. Pada waktu itu, yang menggunakan tebu sebagai pemanis ialah masyarakat di Papua Nugini. Mereka mengonsumsi batang tebu dengan cara menghisapnya.

2. Gula ada sejak 2.500 tahun lalu

Berdasarkan teks kuno Budhagosa yang terdapat di India, dijelaskan bahwa masyarakat mulai melakukan pengolahan dari tanaman tebu menjadi gula sejak 2.500 tahun lalu alias 500 SM. Pada saat itu, tidak sedikit masyarakat yang memanfaatkan tebu menjadi gula. Di sisi lain, terdapat juga raja Persia yang bernama Darius yang menyebutkan bahwa tanaman tebu merupakan penghasil madu tanpa lebah.

3. Menyebar ke Tiongkok dan Eropa

Pada 283 SM, informasi mengenai pemanfaatan tebu sebagai pembuat gula menyebar ke Tiongkok bersamaan dengan penyebaran agama Budha dari India. Kemudian, di abad ke-11, penggunaan tebu sebagai sumber pembuatan gula pun juga menyebar ke Mediterania hingga ke Eropa.

4. Dijadikan komoditas tanam paksa di Indonesia

Pada awalnya, kemunculan gula di Indonesia terjadi pada abad ke-15 dimana ada pedagang Tiongkok yang membawanya. Kemudian, tanaman tebu dijadikan sebagai komoditas tanam paksa.

5.Pabrik gula pertama pada tahun 1861

Pada tahun 1861, Indonesia memiliki pabrik gula sendiri yang dibangun oleh Mangkunegara IV di Solo. Saat itu, pabrik gula tersebut diberikan nama De Tjolomadoe yang kini sudah menjadi tempat untuk berwisata.